Deklarasi Aliansi Serikat Pekerja TKBM Tg. Priok

Jakarta (mediakomentar.com)  Jumat(07/02) – Bertempat di Hotel Arcici Plumpang Jakarta Utara dilakukan acara pelantikan pengukuhan pengurus cabang Tj. Priok SP TKBMI bertemakan “Bangkit Bersatu Memperjuangkan Kesetaraan dan Kesejahteraan Mulai dari Titik Nol” pada tanggal 07 Februari 2020, momentum ini sekaligus mempersatukan beberapa SP TKBM yg ada di pelabuhan Tg Priok untuk melakukan Deklarasi Aliansi SP/SB TKBM Pelabuhan Utama Tg Priok.

Aliansi yang terdiri dari 4 Serikat Pekerja/Buruh di Pelabuhan Utama Tg Priok yaitu Serikat Pekerja TKBM Indonesia (SP TKBM Indonesia), Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI), Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI), Serikat Buruh Pelabuhan Indonesia (SBPI).


Adapun isi Deklarasi yang di bacakan bersama – sama oleh 4 Aliansi SP/SB TKBM Pelabuhan Utama Tg Priok adalah :

1. Bersama meningkatkan dan memperjuangkan kesejahteraan TKBM Pelabuhan Utama Tg Priok.

2. Bersama bersinergi meningkatkan kemampuan dan kapabilitas TKBM Pelabuhan Utama Tg Priok dengan mengupayakan semua TKBM di Sertifikasi di mulai dengan Sertifikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) BNSP yang terstandarisasi dan diakui seluruh pelabuhan internasional.

3. Aliansi berupaya bersama Koperasi KS TKBM meningkatkan citra kemampuan dan mensinergikan berbagai upaya dalam rangka memperjuangkan hak dan kewajiban TKBM keberbagai pihak termasuk pekerjaan yang mestinya menjadi pekerjaan TKBM.

4. Aliansi berupaya saling menjaga, membela dan melindungi secara bersama terkait upaya yang ingin merusak, menjatuhkan vcitra serta bagi yang berupaya merusak, menjatuhkan SP/SB TKBM yang ber Aliansi dan sudah secara resmi terakui bersinergi bersama Koperasi KS TKBM, Pihak Pelabuhan maupun aparat penegak hukum di wilayah Pelabuhan Utama Tg Priok.

5. Aliansi tetap menjaga integritas masing – masing SP/SB maupun afiliasi masing- masing sesuai Ad/Art nya dengan tetap fokus bersinergi mencapai kesejahteraan TKBM.


Menurut Subhan Hadil selaku Ketua OKK Pimpinan Pusat SP TKBM Indonesia bahwa deklarasi aliansi tersebut sangat baik dan perlu di apresiasi mengingat tujuan dari terbentuknya aliansi serikat pekerja/serikat buruh di pelabuhan utama tg priok sangat baik bagi kemajuan TKBM dan koperasi KS TKBM yang merupakan satunya tempat TKBM bernaung di pelabuhan utama tg priok berdasarkan aturan dan kebijakan pemerintah.

Lanjut Subhan yang juga turut serta membacakan deklarasi, “teman2 yang mendeklarasikan aliansi tersebut sangat paham bahwa sinergi berbagai pihak itu perlu di jalin dengan baik apalagi Pelindo 2/IPC menargetkan tujuan menjadi Pelabuhan Kelas Dunia untuk itu TKBM pun perlu melakukan peningkatkan kemampuannya diharapkan dengan dukungan penuh IPC sangat memungkinkan hal tersebut jika tidak ya Pelindo 2/IPC jangan terlalu bermimpi mewujudkan menjadi World Class Port”.

“Ditambah lagi ada anak perusahan IPC yang bergerak di bidang pendidikan maritim mestinya mampu memberikan pelatihan bersertifikasi K3 dari BNSP maupun pendidikan lainnya jangan hanya bertumpuk pada pegawai organiknya tapi lini terdepan pekerja pelabuhan (TKBM) terabaikan”. Tutup Subhan. (07/02)/(Red)

Tinggalkan Balasan